Selasa, 28 Februari 2012

Persiba dan Arema Siap Tampung Barisic


Selasa, 28/02/2012 | 12:33 WIB
SP/ Jamaluddin
Ibrahima Iyane Thiam (kanan) calon striker Persebaya pengganti Andrew Barisic, usai melakukan latihan perdana bersama Erol Iba dkk, Senin, (27/2) sore
SURABAYA- Pasca didepaknya Andrew Barisic dari skuad Persebaya 1927, manajemen Persebaya marasa bertanggung jawab dengan kelanjutan karir striker asal Australia itu. Saleh Hanifah, manajer Persebaya mengatakan, Barisic sudah ditawarkan untuk bergabung dengan Persiba Bantul dan Arema Indonesia yang berkompetisi Indonesia Premier League (IPL).
Tapi, lanjutnya, Barisic belum memberikan jawaban terkait penawarannya itu. Menurut Hanifah, dua klub sudah berminat menggunakan tenaganya, yakni Arema dan Persiba Bantul. "Kita sudah tawarkan klub untuk dia. Jadi jangan lagi ada anggapan bahwa manajemen belum berbicara dengan dia," terang Saleh.
Kontrak pemain yang mencetak dua gol ke gawang Persija itu sebenarnya baru akan habis tahun 2013 mendatang. Namun karena belum juga menunjukkan ketajamannya, manajemen Persebaya bahkan memutus kontrak sebelum putaran pertama musim 2011-2012 usai.
Saleh Hanifah, mengatakan, manajemen Persebaya tidak melepas Barisic  begitu saja. Ia akan berusaha mencarikan klub untuk pemain yang bergabung dengan Persebaya sejak Januari 2011 lalu itu. “Manajemen akan mencarikan klub untuknya (Barisic).” Meski sudah bukan lagi menjadi bagian tim Persebaya, tapi hingga saat ini manajemen belum menentukan apakah akan memberikan kompensasi atau memilih untuk meminjamkan Barisic ke tim lain. “Ya kami akan membantu mencari tim untuk Barisic,” katanya.
Saat dikonfirmasi mengenai ketertarikan Persiba Bantul pada Barisic, kubu Perseba melalui media officer-nya, Ikbal Yustisianto mengatakan, jika memang Barisic ingin bergabung, Persiba siap menampungnya. Tapi, terang Ikbal, setiap ada pemain yang ingin masuk ke tim pasti ada prosedur yang harus dilalui. “Silahkan jika Barisic ingin bergabung dengan tim kami, tapi kan harus mengikuti aturan,” katanya.
Apalagi saat ini Persiba memang tengah mencari pemain asing yang berposisi striker, sebagai ganti jika striker asing andalannya, Ezequiel Gonzalez keluar pada putaran kedua nanti. Ikbal mengaku, seiring buruknya penampilan Ezequel, manajemen Persiba sudah berancang- ancang akan mendepaknya. Untuk itu Barisic mempunyai kesempatan besar untuk menggantikannya. “Kami sekarang butuh pemain asing, sebab penampilan Ezequel sangat buruk,” tambahnya.
Terlepas dengan permasalahan Barisic, Manajemen Persebaya sudah mulai menyeleksi striker baru asal Senengal, Ibrahima Iyane Thiam. Meski belum meneken kontrakdengan tim Bajul Ijo, striker bertinggi badan 198 itu menjadi pilihan utama Persebaya sebagai pengganti Barisic. “Butuh waktu satu minggu untuk menilai dia, dalam minggu ini kami akan umumkan apakah dia akan pantas bergabung atau tidak,” kata pelatih Persebaya, Divaldo Alves.
 
Sementara Ibrahima saat dimintai keterangan mengatakan, ia sangat yakin dengan skill yang ia miliki dan yakin bisa bergabung dengan skuad utama tim Kota Pahlawan. Ia juga mengaku tidak banyak informasi yang ia dapat seputar sepakbola Indonesia, khususnya Persebaya. "Baru setelah saya mendapat kontak dari Persebaya, saya mencari informasi mengenai Persebaya lewat internet," kata mantan Timnas U-23 Senegal itu.
Selain itu, ia yakin akan cepat beradaptasi dengan cuacanya dan gaya permainan sepakboal Indonesia. Saat ini, katanya, sudah tidak asing lagi para pemain Asia yang hijrah ke Eropa, begitu pemain Eropa yang bermain di Asia, termasuk Indonesia. Tidak seperti negara Afrika lainnya, seperti Kamerun atai Liberia yang sudah akrab dengan sepakbola Indonesia, Senegal, negara asal Ibrahima, bukanlah langganan produsen pemain asing untuk Liga Indonesia. "Dengan kemampuan saya, saya yakin bisa membawa tim ini lebih baik," tutupnya. m39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar