Sabtu, 28 Agustus 2010

persebaya siap ke divisi utama dengan semangat arek suroboyo

 
Sabtu, 28 Agustus 2010 - 14:13 wib
SURABAYA - Walau gaji dan sisa kontrak pemain musim lalu belum jelas pembayarannya, Persebaya Surabaya masih bisa percaya diri. Buktinya, manajemen berkoar bakal membentuk tim untuk Divisi Utama secepatnya.

Dijadwalkan pekan ini Persebaya sudah mulai bergerak menyiapkan kerangka tim, termasuk perekrutan pelatih dan pemain. Tim berlogo ikan hiu dan buaya tersebut juga sudah mendaftarkan diri sebagai kontestan Divisi Utama 2010-2011 ke PT Liga Indonesia (PT LI).

Ketua Harian Persebaya Kholid Goromah mengungkapkan, Persebaya bergerak cepat membentuk tim karena waktu yang dimiliki tidak banyak. Tapi ia masih tertutup soal siapa pelatih yang bakal menukangi Bledug Ijo sekaligus pemain yang nantinya bakal memperkuat tim.

"Ketua Umum (Saleh Ismail Mukadar) menginstruksikan pembentukan tim paling lambat pekan depan. Nama pelatih juga akan secepatnya diumumkan. Semoga semua persiapan bisa efektif," kata Kholid, Sabtu (28/8/2010).

Posisi pelatih, kabar yang santer beredar memunculkan nama Aji Santoso dan Fredy Muli. Dua pelatih ini mempunyai sisi historis sendiri dengan Persebaya dan hingga kini keduanya belum mendapat tim.

Aji Santoso pernah menjadi pilar tim kesayangan Bonek saat masih menjadi pemain. Pemain asal Malang itu disebut-sebut paham dan bisa menanamkan karakter permainan Persebaya sebenarnya. Sedangkan Freddy Muli juga pernah melatih Persebaya. "Soal pelatih nanti dulu, tunggu pengumuman resminya saja. Yang jelas sudah ada calonnya," tukas Kholid.

Dari komposisi tim, Persebaya nampaknya butuh tambahan kekuatan jika bernafsu mentas dari Divisi Utama secepatnya. Pasalnya, stok pemain sekelas Liga Super yang tersisa sekarang sangat cekak.

Pemain warisan musim lalu hanya memunculkan nama Endra Prasetya, Mat Halil, Taufik dan Andik Vermansyah. Sedangkan kekuatan lain, jika melihat keikutsertaan Persebaya di Piala Gubernur, hanya dijejali pemain belia dan miskin pengalaman di kompetisi. Praktis, tim yang kini bermarkas di Gelora Bung Tomo tersebut butuh tambahan kekuatan. Soal yang satu ini, manajemen bakal menyerahkan ke pelatih.

Persebaya mengalami eksodus pemain seusai terdegradasi ke Divisi Utama. Manajemen yang ingkar janji soal pembayaran sisa kontrak dan gaji, membuat pemain semburat ke klub lain. Klub yang paling banyak menampung mantan pemain Persebaya adalah PSM Makassar. Di sana ada Deni Marcel, Korinus Finkrew, Satrio Syam, Andi Oddang dan Djayusman Triasdi.

"Kita lihat dulu bagaimana proyeksi tim yang akan dibentuk pelatih nanti. Dari sana pasti ada kepastian bagaimana pemain yang dibutuhkan untuk musim depan. Misi kita tetap sama, yakni hanya semusim di Divisi Utama," tandas Kholid.

Manajemen juga mengaku puas dengan capaian yang ditorehkan Persebaya saat Piala Gubernur. Kendati tak mampu menembus babak enam besar, tapi pasukan muda arahan Ahmad Rosyidin telah memberikan perlawanan yang cukup lumayan pada tim-tim Liga Super semacam Deltras Sidoarjo dan Persema Malang. Kholid menilai prestasi itu sudah lebih dari cukup dan bisa memberi gambaran tim untuk Divisi Utama nantinya. (far)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar