Selasa, 17 Januari 2012

Bila Dibutuhkan, Andik Bisa Balik ke Persebaya



Selasa, 17 Januari 2012 15:45:56 WIB
Reporter : M. Syafaruddin

Surabaya (beritajatim.com) - Andik Vermansyah memang sudah berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional (Timnas) U-21 Indonesia proyeksi turnamen Hasanah Bolkiah Trophy, yang rencananya digelar 25 Februari hingga 5 Maret. Tapi Andik sewaktu-waktu bisa kembali ke klubnya bila Persebaya membutuhkan.

Koordinator Tim Nasional Indonesia, Bob Hippy menegaskan, Andik adalah figur penting di Timnas U-21 saat ini. Meski amsih berusia 20 tahun, tapi Andik sudah memiliki jam terbang internasional. Itu karena Andik sebelumnya bergabung dengan Timnas U-23 di ajang SEA Games 2011 lalu. Andik juga turun sebagai starter di Timnas Selection lawan LA Galaxy.

Tak heran, saat pemain muda lain mengikuti seleksi, Andik mendapat undangan khusus dari pelatih Timnas U-21, Widodo Cahyono Putro. Masalahnya, Andik adalah satau satu tulang punggung sekaligus motor serangan Persebaya. Dari tiga laga yang sudah dilakoni di kompetisi Indonesia Premier League (IPL), Andik selalu turun sejak menit awal.

Persebaya sempat berat melepas Andik dibanding dua pemain lainnya, yakni Nur Fasta dan Miko Ardiyanto. Meski pada akhirnya manajemen Bajul Ijo luluh. Manajemen Timnas nampaknya mendengar aspirasi Persebaya. Mereka pun memberikan sedikit kemudahan untuk tim yang bermarkas di Karanggayam itu. "Kami sudah membuat kesepakatan dengan Persebaya. Nantinya, satu pemain bisa kembali ke klub, tapi yang dua tetap di Timnas," kata Bob, Selasa (17/1/2012). Bob memang tak menyebut satu pemain yang ia maksud adalah Andik. Meski begitu, pernyataan Bob setidaknya memberikan angin segar untuk Persebaya. Andik sewaktu-waktu bisa kembali bila dibutuhkan Persebaya.

Bob menegaskan, ketentuan itu tak cuma berlaku untuk Persebaya, tapi untuk tim lainnya. PSM misalnya, tim Juku Eja menyumbangkan lima pemainnya sekaligus yang terbanyak di Timnas U-21. Karena lima pemainnya dipanggil, PSM bisa memulangkan maksimal dua pemain sewaktu-waktu bila mereka membutuhkan.

Lalu bagaimana kesmepatan Andik membela Timnas Senior lawan Bahrain di laga terakhir pra Piala Dunia 2014, 29 Februari nanti, Bob tegas menyebut Andik tak perlu bergabung dengan Timnas Garuda. Sebab waktu laga lawan Bahrain hampir bersamaan dengan turnamen Hasanah Bolkiah Trophy. "Lagi pula pertandingannya sudah tak berpengaruh kepada hasil kita," pungkas Bob.[sya/ted]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar