Kamis, 12 Januari 2012

Persebaya Berat Hati Lepaskan Andik ke Timnas U-21



 
Kamis, 12 Januari 2012 03:29:04 WIB
Reporter : M. Syafaruddin

Surabaya (beritajatim.com) - Tiga pemain muda Persebaya, Nurmufid Fastabiqul Khoirot (stopper), Miko Ardiyanto (striker) dan Andik Vermansyah (winger) dinyatakan lolos seleksi untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) U-21 Indonesia. Tapi dari tiga nama itu, tak semuanya mendapat izin dari manajemen atau pelatih.

Ketiga nama itu masuk dalam 25 nama yang diproyeksikan untuk memperkuat Timnas U-21 untuk turnamen Hasanah Bolkiah Trophy, 25 Februari hingga 5 Maret. Persebaya sendiri menjadi tim kedua dengan pengirim terbanyak. Posisi pertama ditempati PSM yang lima pemainnya dinyatakan lolos.

"Kami tentu bangga karena pemain kami bisa memperkuat Timnas," kata CEO Persebaya, Gede Widiade kepada beritajatim.com.

Gede menyebut, sudah saatnya Persebaya kembali ke masa jayanya seperti akhir tahun 90an, dimana Bajul Ijo menjadi penyumbang utama pemain Timnas. "Dulu pemain Timnas hampir seluruhnya dari Persebaya. Sekarang waktunya untuk mengulang itu," lanjut Gede.

Hanya saja, tak semua pemain diberikan lampu hijau oleh Gede. Khusus untuk Andik, Gede masih ragu-ragu untuk memberikan izin. Ia beralasan, Andik adalah ikon sekaligus pemain kunci di Persebaya saat ini. Jika bermain untuk Timnas U-21, Persebaya harus siap-siap kehilangan Andik selama kurang lebih lima laga. Termasuk saat super derby Jawa Timur lawan Arema, 4 Maret nanti.

"Untuk Andik, saya masih pertimbangkan dulu. Saya akan berbicara dengan PSSI. Apalagi ini cuma turnamen biasa, bukan even resmi macam SEA Games atau pra Piala Dunia," terang Gede. Selain itu, Andik masih sangat dibutuhkan untuk tim Persebaya sendiri.

"Kita bukan tidak nasionalis, tapi ada baiknya jika pemain muda lainnya diberi kesempatan untuk unjuk kualitas," lanjutnya. Memang, Andik mendapat tempat istimewa di sisi pelatih Widodo Cahyono Putro. Tanpa mengikuti seleksi yang diadakan akhir pekan lalu, Andik dimasukkan dalam rangka Timas U-21. Itu karena Andik diharapkan menjadi tauladan untuk rekan sebayanya.

Hal senada juga dikatakan asisten pelatih Ibnu Grahan. "Kalau Miko dan Fasta mungkin kita bisa izinkan. Tapi kalau Andik, mungkin akan kita pertimbangkan. Karena tim ini juga membutuhkan Andik," jelas Ibnu. Rencananya, 25 nama itu akan dikerucutkan menjadi 18 pemain. Mereka akan mengadakan pemusatan latihan mulai 15 Januari mendatang.[sya/kun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar