Senin, 30 Agustus 2010

Aji Santosa Arsiteki Persebaya

Aji Santosa Arsiteki Persebaya
Senin, 30 Agustus 2010 | 10:52 WIB
Aji Santosa (kiri) saat latihan.

SURABAYA –Manajemen Persebaya menunjuk pelatih Aji Santosa untuk menukangi Bajul Ijo mengarungi kompetisi divisi  resmi 2010/2011. Rencananya, Aji yang pernah menjadi punggawa Persebaya pada 1995 hingga 1999 ini diperkenalkan sekaligus menandatangani kontrak pada Senin (30/8) sore ini.
Demikian diungkapkan Ketua Umum Persebaya Surabaya, Saleh Ismail Mukadar dikonfirmasi siang ini. “Insya Allah nanti sore pelatih Persebaya Aji Santoso teken kontrak dengan manajemen,” ujarnya.
Di dunia kepelatihan nasional, Aji Santoso termasuk baru, namun manajemen Persebaya percaya kemampuan bisa mengangkat prestasi Persebaya di ajang divisi utama.
Musim tahun ini, Bajul Ijo turun kasta dari ISL ke divisi utama karena absen di laga ulang melawan Persik.  ”Meski terbilang pelatih baru, Aji memiliki kapasitas lebih daripada calon pelatih Persebaya lainnya,” ujar pria yang pernah menjabat ketua KONI Surabaya ini.
Persebaya melihat prestasi itu dari karir Aji yang pernah menangani beberapa klub liga Indonesia. Seperti saat menukangi Persik mampu nangkring di empat besar, meski manajemen Macan Putih sedang dalam keadaan tidak baik.
 ”Yang terpenting Aji pernah mengarsiteki dan membawa nama Persebaya naik promosi ke Super Liga pada tahun 2009,” kata Saleh. ”Dan kami hanya ingin Persebaya dilatih orang yang pernah menangani klub di Super Liga,” ungkapnya.
Sosok Aji Santoso sendiri sudah dekat dengan publik Surabaya. Dia tercatat pernah membela Persebaya sebagai pemain di tahun 1995 hingga 1999, dan  membawa tim berjuluk Green Force itu menjuarai Liga Indonesia musim 1998.
Sebelumnyan Aji dipilih menjadi ”arsitek”  Bajul Ijo, sempat beredar nama Fredy Muli dan Jaya Hartono sempat masuk di daftar list calon pelatih Persebaya. Namun, pada musim lalu Fredy Muli gagal mengangkat Persidafon Dafonsoro promosi ke Super Liga. Sedangkan Jaya Hartono kembali menangani Persik Kediri.
Untuk membangun kekuatan pasukan Bajul Ijo, manajemen Persebaya belum bisa memberi kepastian siapa saja pemain yang direkut untuk menggantikan Andy Oddang, Jayusman, dan Anang Mafruf. Ketiga pilang Persebaya itu telah berlabuh ke klub lain. Soal itu,  
Saleh tidak banyak berkomentar. Dia hanya menyatakan soal rekrutmen pemain sepenuhnya diserahkan ke pelatih Aji Santoso. ”Mengenai pemain hingga saat ini kami telah menyerahkan ke Aji. Sebagai pelatih dialah yang akan mengurusnya,” ujarnya. ”Dan sampai saat ini Aji Santoso juga belum menyerahkan daftar pemain yang di inginkan menjadi skuad Persebaya,” tambahnya.
Pihaknya mengharapkan dengan dipilihnya Aji sebagai pelatih baru Bajol Ijo, bisa membuat tim kebanggaan arek Surabaya ini berprestasi di Divisi Utama maupun di liga lainnya. ”Target kita membawa Persebaya berprestasi sehingga bisa kembali ke ISL,” pungkasnya. m3

1 komentar:

  1. semoga aji santoso bisa menjadikan persebaya kembali keliga super indonesia (ISL)

    BalasHapus