Selasa, 21 September 2010

Persebaya Hendak Diakuisisi, Saleh Undang 24 Klub Internal



 
Selasa, 21 September 2010 20:33:19 WIB
Reporter : M. Syafaruddin

Surabaya (beritajatim.com) - Sebelum melakukan persetujuan dengan investor, Persebaya Surabaya terlebih dulu sosialisasi ke klub anggota. Sebab, nantinya 20 persen saham Bajul Ijo akan dimiliki oleh klub-klub internal.

Kali ini pihak Persebaya mengundang 24 klub internal yang tergabung dalam Koperasi Surya Abadi Persebaya. Dalam pertemuan yang dilakukan di Mes Eri Irianto, Selasa (21/9/2010) petang tadi, Ketua Umum Saleh Ismail Mukadar memaparkan rencana investor yang mau mengakuisisi Bajul Ijo.

"Klub jangan salah kaprah. Jangan sampai mereka mengira 20 persen saham itu dimiliki satu klub saja. Maka dari itu hari ini kita lakukan sosialisasi," terang Saleh kepada beritajatim.com.

Sejak PT Persebaya Indonesia (PTPI) berdiri, klub-klub internal memang memiliki saham di PTPI. Menurut penuturan Saleh, besarnya saham kala itu ditentukan oleh modal terbesar. Dari besarnya modal itu, Saleh yang menjadi penyumbang terbanyak berhak memperoleh 50 persen saham.

Pemegang saham terbesar kedua adalah Ketua Harian Persebaya, Cholid Goromah. Cholid berhak mendapatkan 30 persen saham. Sisanya inilah yang dimiliki klub yang tergabung dalam bentuk koperasi. "Saat itu modal awal kita sekitar Rp 500 juta," jelas Saleh.

Untuk klub, awalnya ada 30 klub yang menjadi anggota koperasi. Tapi jumlah klub tidak paten, bisa bertambah dan berkurang. "Boleh dikata saham sementara. Kalau mereka degradasi, ya diganti klub lain. Sebab sekali lagi saya terangkan, saham ini bukan milik satu klub saja, melainkan koperasi," ungkapnya.

Dalam pertemuan tadi, lanjut Saleh, hampir semua klub memiliki keinginan yang sejalan dengan apa yang disampaikan Saleh ke investor. "Misalnya mereka minta jaminan jangan sampai Persebaya pindah kota, seperti Mitra dan Persijatim," tutup mantan Ketua Umum KONI Surabaya ini. [sya/but

Tidak ada komentar:

Posting Komentar