Selasa, 07 September 2010

PERSEBAYA JADI REBUTAN INVESTOR ASING

Medco Vs Investor Asing
Selasa, 7 September 2010 | 11:04 WIB
SURABAYA –Turun kasta dari Liga Super ke Devisi Utama, bukan berarti Persebaya kehilangan magnit. Bahkan di tengah lilitan finansial, klub berjuluk Bajul Ijo ini kembali diminati investor untuk mengakuisisinya.
Itu berarti tidak hanya Medco Group yang sebelumnya menyatakan sama,--siap membeli 51 saham Bajul Ijo. Tapi tercatat dua investor yang harus bersaing untuk memiliki saham mayoritas klub kebanggaan warga Kota Pahlawan tersebut.
Menurut Saleh Ismail Mukadar, Ketua Umum Persebaya, investor baru itu berasal dari luar negeri yang siap membeli saham mayoritas Bajul Ijo. “Sekarang tidak hanya Medco Grup yang berminat membeli 51 % saham Persebaya, juga ada penawaran dari investor asing yang juga siap membeli saham Persebaya secara mayoritas,” ujar Saleh, Senin (6/8) kemarin.
Sebelumnya, Medco Grup,--perusahaan milik Arifin Panigoro memang disebut-sebuat siap mengakuisisi saham Bajol Ijo. Bahkan dana talangan yang dipakai Persebaya untuk mengontrak pemain musim ini adalah dana talangan dari Medco Grup.
Sampai saat ini Saleh tengah menyelesaikan pembicaraan tentang 51 persen saham yang akan dibeli Medco Grup. Pihak investor berani membali 51 persen saham Persebaya karena ada potensi keutungan besar yang bisa diraih, di antaranya  hak siar, merchendise, sponsor, dll. Bahkan berdasarkan survei pihak investor, hak siar Persebaya Surabaya pedapatannya bisa mencapai sekitar Rp 3 triliun lebih. Liga Indonesia saat ini memiliki potensi besar, nomor dua dibawah Jepang. Dan seharusnya klub-klub yang jeli, seharusnya malah bisa memberikan dana APBD yang besar untuk kotanya,” katanya.
Sementara itu, manajemen Persebaya terus menambah kekuatan pasukannya untuk mengarugi Divisi Utama musim 2010/2011. Beberapa pemain telah resmi mengikat kontrak dengan Persebaya, Senin (6/9) kemarin.
Mereka adalah Sunaji, Ryan Wahyu, Aulia Ardi, Miko Ardiyanto, Nur Fasta dan kiper Dimas Galih. “Para pemain muda itu, untuk sementara kita kontrak satu tahun dulu. Nanti jika mereka memiliki perkembangan yang bagus, akan kami teruskan dengan mengontrak jangka panjang,” tambahnya.
Selain itu, Bajul Ijo juga akan mengikat kontrak dengan Cesar Mboma, pemain asal Kamerun. Sebelumnya, pemain berusia 31 tahun ini setengah musim menikmati atmosfer sepakbola tanah air bersama Persitara Jakarta Utara.
Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengaku kepincut dengan peformas Mboma saat bermain bersama klub Persitara . Baginya, MBoma adalah pemain yang cocok mengisi posisi gelandang serang Bajul Ijo. "Memang kiprahnya kurang terekspose. tapi saya sudah mengatati dia sejak musim lalu," sambung Aji. Saat ini sang pemain dalam perjalanan dari Jerman menuju Surabaya. "InsyaAllah besok dia sudah berada di Surabaya," imbuhnya.m3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar