Sabtu, 28 Mei 2011

kompetisi LPI dijamin berlanjut

Gatra-Pengelola Liga Primer Indonesia (LPI) menjamin kompetisi putaran kedua tetap berlanjut, kendati belum ada kepastian jadwal pertandingan.

General Manager League Department LPI, Arya Abhiseka, dalam keterangan pers yang diterima wartawan di Surabaya, Rabu (25/5), menegaskan, kompetisi LPI tetap berjalan setelah dilakukan sejumlah penyesuaian.

“Pecinta sepak bola di Tanah Air tak perlu khawatir dengan kelanjutan kompetisi LPI. Hanya ada beberapa yang perlu ditinjau ulang agar selaras dengan hasil kongres PSSI mendatang,” ujarnya.

Menurut Arya, LPI telah diakui PSSI melalui Komisi Normalisasi, sehingga mau tidak mau harus mengakomodasi hasil kongres.

Masa depan kompetisi tanpa APBD ini sempat diragukan kelanjutannya, setelah Kongres PSSI di Jakarta pada Jumat (20/5), gagal menghasilkan keputusan.

Sedangkan sebagian besar pertandingan putaran pertama kompetisi LPI telah berakhir pekan lalu, dan 19 klub peserta hingga kini juga masih menunggu kepastian jadwal putaran kedua.

Sesuai jadwal semula, pertandingan terakhir putaran pertama digelar 28 Mei dengan mempertemukan Aceh United melawan Cendrawasih Papua dan Jakarta FC menghadapi Bogor Raya FC.

Setelah itu, kompetisi diliburkan sekitar dua minggu dan dilanjutkan pertandingan putaran kedua yang dimulai pada 11 Juni 2011.

“Sampai saat ini jadwal putaran kedua masih belum jelas, sehingga tim kami liburkan selama satu bulan,” kata Pelatih Persebaya 1927, Aji Santoso.

Ia mengatakan dari informasi yang disampaikan manajemen tim Persebaya 1927, kompetisi LPI istirahat sekitar tiga bulan. “Kami juga menunggu kabar kalau-kalau ada perubahan jadwal,” tambahnya.

Arya Abhiseka menyatakan yakin dengan masa depan LPI, karena pemerintah juga mendukung kompetisi sepak bola profesional tanpa APBD yang mulai diberlakukan pada 2012.

Kendati demikian, Arya belum berani memastikan kapan kompetisi putaran kedua akan digulirkan, karena masih perlu pembahasan lebih lanjut dengan PSSI.

“Jadwal putaran kedua akan kita susun lagi setelah ada pembahasan dengan PSSI. Jadi, finalnya setelah kongres digelar,” tuturnya.

Menurut dia, penyesuaian yang dilakukan nanti terkait dengan posisi LPI ke depan. Ada dua skenario untuk kelanjutan LPI, yakni digabungkan dengan klub-klub anggota Liga Super Indonesia (LSI) atau tetap jalan sendiri seperti saat ini. [TMA, Ant]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar